MOBIL LISTRIK TANPA SOPIR
Tidak ada yang mengira, Uni Emirat Arab (UEA) yang hanya dikenal sebagai negara kaya minyak, kini juga gencar mengembangkan teknologi otomotif. Belum lama ini mereka meluncurkan mobil unik yang dinamakan podcar. Uji coba pun sukses dilakukan di Masdar City, sebuah kota kecil di Abu Dhabi, ibu kota negara. Apa saja kelebihan podcar?
Sebenarnya pemerintah setempat justru sedang membuat proyek percontohan (pilot project), berupa pembangunan kota kecil yang bebas dari bahan bakar fosil seperti bensin dan solar.
Maka dipilihlah Masdar sebagai lokasinya. Para perencana struktur kota ini telah mengungkapkan ke publik tentang rencana mereka untuk menggunakan cara baru dalam bidang transportasi, yaitu taksi listrik, sehingga tidak membutuhkan pasokan BBM yang menjadi komoditas ekspor andalan negara tersebut.
Hebatnya lagi, alat transportasi ini pada akhirnya bisa dioperasikan tanpa sopir atau pengemudi. Sebab, semuanya telah digerakkan secara otomatis dengan tenaga listrik. Mobil unik itulah yang kemudian dinamakan podcar.
Dalam uji cobanya, podcar yang difungsikan sebagai taksi dapat berjalan di atas sebuah jalur (mirip rel kereta api). Ia akan berhenti di tempat-tempat tertentu, di mana calon penumpang sudah siap menunggu.
Kalau mau menggunakan taksi unik ini, calon penumpang mesti memilik kartu identitas. Jadi, mereka harus mendaftar dulu ke otoritas yang berwenang (semacam DLLAJ).
Dalam kartu identitas ini tertera nama lengkap, juga nama panggilan pelanggan. Jika ingin memanfaatkan podcars, pelanggan cukup menggesekkan kartu identitas ke pintu mobil.
Begitu taksi terbuka, sebuah suara otomatis akan memanggil nama akrab pelanggannya. Setelah penumpang naik, podcar segera meluncur ke tempat tujuan, atau setidaknya ke tempat pemberhentian yang terdekat dengan tujuan penumpang.
Uji coba yang dilakukan bulan lalu ini diharapkan bisa ditingkatkan dengan operasionalisasi secara massal dan resmi, diperkirakan tahun ini juga.
Berbeda dari MRT Diharapkan Masdar City menjadi kota yang benar-benar terbebas dari mobil konvensional. Artinya, tak ada lagi mobil berbahan bakar bensin dan solar di kota futuristik tersebut.
Podcar pada hakikatnya merupakan personal rapid transit (PRT). Moda inilah yang bakal menggantikan peran mass rapid transit (MRT).
Berbeda dari MRT yang jumlah penumpangnya hampir sama dengan jumlah penumpang kereta, maka PRT hanya memiliki maksimal 10 tempat duduk. Kecepatannya relatif lambat, yaitu 7 meter / detik, atau 25,2 km / jam.
Podcar lebih diperuntukkan sebagai transportasi umum untuk melayani rute dari satu gedung ke gedung lainnya di Masdar City. Jarak terjauh hanya 2,5 km. Dengan sistem ini, tentu pembangunan infrastuktur tidak serumit MRT. Sebab PRT hanya memungkinkan untuk singgah ke beberapa gedung saja.
Sebenarnya gagasan untuk mengembangkan podcars sudah muncul di mana-mana. Amerika Serikat pun mulai merintisnya, meskipun belum secepat UEA yang sudah melakukan uji coba dalam skala cukup luas.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun berencana melakukan hal yang sama di tahun 2010. Bentuknya memang bukan PRT, melainkan MRT sebagai moda transportasi massal pengganti bus, angkota, dan bajaj. MRT bakal bersanding dengan busway yang lebih dahulu dioperasikan, serta kereta rel diesel (KRD) yang beroperasi di wilayah Jabodetabek.
Kendali Komputer Baik podcar/PRT maupun MRT dioperasikan lewat kendali komputer. Ia berjalan di rel khusus (mirip monorail atau subway). Proyek podcar di AS dijalankan oleh Connect Ithaca, grup perencana dan pembangunan yang diberi tugas mendesain sebuah kota untuk manusia; bukan kota untuk kendaraan.
”Podcar merupakan gabungan antara privasi dan otonomi era automobile, dengan aspek transportasi publik yang amat ramah lingkungan. Ini (podcar) adalah sebuah ciptaan yang sempurna,” kata Presiden Connect Ithaca, Jacob Roberts.
Krisis energi fosil, kata dia, diyakini bisa mempercepat podcar sebagai idola baru dalam transportasi pribadi maupun massal. Podcar yang dikendarakan secara otomatis ini diharapkan mampu mengurai kemacetan, karena alat transportasi ini bebas dari lampu lintas.
”Cara kerja podcar sebenarnya hampir sama dengan eskalator. Hanya saja, eskalator berjalan secara miring, baik menuju ke atas maupun ke bawah. Sedangkan podcar berjalan secara horisontal (mendatar),” tutur Roberts.
Rencananya, pembangunan seluruh infrastruktur pordcar di beberapa negara bagian AS akan dimulai selambatnya tahun 2010. Jadi, masih kalah cepat dari rencana UEA.
Saat ini, podcar sudah mulai diujicoba sebagai kendaraan wisata. Kapasitas duduknya baru sekitar 10 penumpang. Sejumlah warga Ithaca yang mencobanya terlihat gembira bisa menaiki inovasi terbaru di bidang transportasi ini.
Tahun depan, Bandara Heathrow di London juga bakal mencoba sistem podcar ini. Beberapa perusahaan di Swedia, Polandia, dan Korea pun siap mengoperasikan podcar, meski masih dalam taraf uji coba.
Bisa disimpulkan, podcar bakal menjadi tren mobil pribadi dan angkutan umum di masa datang, terutama untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di kota-kota besar di dunia, sekaligus mengurangi polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor berbahan bakar bensin/solar.
Keuntungan lainnya, operasionalisasi podcar bisa mengatasi maraknya kecelakaan lalu lintas akibat human error (kesalahan manusia), seperti mengemudi dalam keadaan mengantuk, sopir yang ugal-ugalan, atau kendaraan dalam keadaan tak layak jalan.
Semua masalah itu bisa teratasi jika menggunakan podcar, karena tak lagi diperlukan pengemudi. Semua sudah disetel dan dikontrol komputer. Kapankah Indonesia bisa menerapkannnya? (Amanah-32)
Sebenarnya pemerintah setempat justru sedang membuat proyek percontohan (pilot project), berupa pembangunan kota kecil yang bebas dari bahan bakar fosil seperti bensin dan solar.
Maka dipilihlah Masdar sebagai lokasinya. Para perencana struktur kota ini telah mengungkapkan ke publik tentang rencana mereka untuk menggunakan cara baru dalam bidang transportasi, yaitu taksi listrik, sehingga tidak membutuhkan pasokan BBM yang menjadi komoditas ekspor andalan negara tersebut.
Hebatnya lagi, alat transportasi ini pada akhirnya bisa dioperasikan tanpa sopir atau pengemudi. Sebab, semuanya telah digerakkan secara otomatis dengan tenaga listrik. Mobil unik itulah yang kemudian dinamakan podcar.
Dalam uji cobanya, podcar yang difungsikan sebagai taksi dapat berjalan di atas sebuah jalur (mirip rel kereta api). Ia akan berhenti di tempat-tempat tertentu, di mana calon penumpang sudah siap menunggu.
Kalau mau menggunakan taksi unik ini, calon penumpang mesti memilik kartu identitas. Jadi, mereka harus mendaftar dulu ke otoritas yang berwenang (semacam DLLAJ).
Dalam kartu identitas ini tertera nama lengkap, juga nama panggilan pelanggan. Jika ingin memanfaatkan podcars, pelanggan cukup menggesekkan kartu identitas ke pintu mobil.
Begitu taksi terbuka, sebuah suara otomatis akan memanggil nama akrab pelanggannya. Setelah penumpang naik, podcar segera meluncur ke tempat tujuan, atau setidaknya ke tempat pemberhentian yang terdekat dengan tujuan penumpang.
Uji coba yang dilakukan bulan lalu ini diharapkan bisa ditingkatkan dengan operasionalisasi secara massal dan resmi, diperkirakan tahun ini juga.
Berbeda dari MRT Diharapkan Masdar City menjadi kota yang benar-benar terbebas dari mobil konvensional. Artinya, tak ada lagi mobil berbahan bakar bensin dan solar di kota futuristik tersebut.
Podcar pada hakikatnya merupakan personal rapid transit (PRT). Moda inilah yang bakal menggantikan peran mass rapid transit (MRT).
Berbeda dari MRT yang jumlah penumpangnya hampir sama dengan jumlah penumpang kereta, maka PRT hanya memiliki maksimal 10 tempat duduk. Kecepatannya relatif lambat, yaitu 7 meter / detik, atau 25,2 km / jam.
Podcar lebih diperuntukkan sebagai transportasi umum untuk melayani rute dari satu gedung ke gedung lainnya di Masdar City. Jarak terjauh hanya 2,5 km. Dengan sistem ini, tentu pembangunan infrastuktur tidak serumit MRT. Sebab PRT hanya memungkinkan untuk singgah ke beberapa gedung saja.
Sebenarnya gagasan untuk mengembangkan podcars sudah muncul di mana-mana. Amerika Serikat pun mulai merintisnya, meskipun belum secepat UEA yang sudah melakukan uji coba dalam skala cukup luas.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun berencana melakukan hal yang sama di tahun 2010. Bentuknya memang bukan PRT, melainkan MRT sebagai moda transportasi massal pengganti bus, angkota, dan bajaj. MRT bakal bersanding dengan busway yang lebih dahulu dioperasikan, serta kereta rel diesel (KRD) yang beroperasi di wilayah Jabodetabek.
Kendali Komputer Baik podcar/PRT maupun MRT dioperasikan lewat kendali komputer. Ia berjalan di rel khusus (mirip monorail atau subway). Proyek podcar di AS dijalankan oleh Connect Ithaca, grup perencana dan pembangunan yang diberi tugas mendesain sebuah kota untuk manusia; bukan kota untuk kendaraan.
”Podcar merupakan gabungan antara privasi dan otonomi era automobile, dengan aspek transportasi publik yang amat ramah lingkungan. Ini (podcar) adalah sebuah ciptaan yang sempurna,” kata Presiden Connect Ithaca, Jacob Roberts.
Krisis energi fosil, kata dia, diyakini bisa mempercepat podcar sebagai idola baru dalam transportasi pribadi maupun massal. Podcar yang dikendarakan secara otomatis ini diharapkan mampu mengurai kemacetan, karena alat transportasi ini bebas dari lampu lintas.
”Cara kerja podcar sebenarnya hampir sama dengan eskalator. Hanya saja, eskalator berjalan secara miring, baik menuju ke atas maupun ke bawah. Sedangkan podcar berjalan secara horisontal (mendatar),” tutur Roberts.
Rencananya, pembangunan seluruh infrastruktur pordcar di beberapa negara bagian AS akan dimulai selambatnya tahun 2010. Jadi, masih kalah cepat dari rencana UEA.
Saat ini, podcar sudah mulai diujicoba sebagai kendaraan wisata. Kapasitas duduknya baru sekitar 10 penumpang. Sejumlah warga Ithaca yang mencobanya terlihat gembira bisa menaiki inovasi terbaru di bidang transportasi ini.
Tahun depan, Bandara Heathrow di London juga bakal mencoba sistem podcar ini. Beberapa perusahaan di Swedia, Polandia, dan Korea pun siap mengoperasikan podcar, meski masih dalam taraf uji coba.
Bisa disimpulkan, podcar bakal menjadi tren mobil pribadi dan angkutan umum di masa datang, terutama untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di kota-kota besar di dunia, sekaligus mengurangi polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor berbahan bakar bensin/solar.
Keuntungan lainnya, operasionalisasi podcar bisa mengatasi maraknya kecelakaan lalu lintas akibat human error (kesalahan manusia), seperti mengemudi dalam keadaan mengantuk, sopir yang ugal-ugalan, atau kendaraan dalam keadaan tak layak jalan.
Semua masalah itu bisa teratasi jika menggunakan podcar, karena tak lagi diperlukan pengemudi. Semua sudah disetel dan dikontrol komputer. Kapankah Indonesia bisa menerapkannnya? (Amanah-32)
TEKNOLOGI BARU MOBIL TANPA SOPIR
Teknologi Terbaru Google Mobil Otomatis Tanpa Sopir. Google baru saja mengumumkan sebuah pengembangan teknologi yang memungkinkan sebuah mobil berjalan otomatis tanpa sopir, bahkan di tengah keramaian kendaraan. Proyek yang dipimpin oleh Dr. Thurn ini telah diujicoba dengan cara mengelilingi kampus Google di Mountain View ke kantor Google di Santa Monica hingga Hollywood Boulevard dan berbagai tempat lain.Secara keseluruhan mobil otomatis tersebut telah dicoba hingga jarak lebih dari 140.000 mil.
Untuk mengendalikan mobil otomatis tersebut digunakan kamera video, sensor radar, serta penjejak jarak laser untuk mendeteksi lalulintas dan peta detail yang dikumpulkan secara manual lewat kendaraan bersopir untuk menavigasi jalan yang ada di depan dan disimpan di pusat data Google. Teknologi navigasi ini dikembangkan bersama para insinyur terbaik yang diperoleh lewat DARPA Challenges, lomba balapan kendaraan otomatis yang diselenggarakan oleh pemerintah AS.
Selama pengujian oleh Google, kendaraan mobil terbaru otomatis ini belum pernah mengalami kecelakaan tabrakan. Untuk menjamin keselamatan, kendaraan tersebut selalu ditumpangi oleh seorang pengendara keamanan terlatih yang bisa bergerak jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Selain itu ditempatkan juga operator perangkat lunak terlatih di tempat duduk penumpang untuk memonitor perangkat lunak yang dipakai. Pada dasarnya, perangkat lunak tersebut akan ‘belajar’ dari rute dan kondisi jalan yang dilewati seperti mengetahui tanda lalu lintas dan garis jalan sehingga mobil sebelumnya bisa beradaptasi dengan karakteristik jalan yang akan dilewati.
Google berharap teknologi ini akan bisa mengurangi resiko kecelakaan di jalan hingga setidaknya setengahnya. Dengan kendaraan otomatis ini maka pengguna juga akan bisa berbagi kendaraan dan otomatis mengurangi volume kepadatan lalulintas maupun tingkat konsumsi energi maupun polusinya.
Teknologi ini masih perlu pengembangan. NYT memperkirakan masih dibutuhkan setidaknya delapan tahun agar teknologi ini bisa dipakai masal. Apakah teknologi seperti di film Knight Rider akan bisa terwujud?
Secara teknologi, Google benar-benar menunjukkan keperkasaannya. Beberapa waktu yang lalu telah meluncurkan layanan google music, dan kali ini “Teknologi Terbaru Google Mobil Otomatis Tanpa Sopir” kita tunggu saja gebrakan selanjutnya dari raksasa search engine ini
Untuk mengendalikan mobil otomatis tersebut digunakan kamera video, sensor radar, serta penjejak jarak laser untuk mendeteksi lalulintas dan peta detail yang dikumpulkan secara manual lewat kendaraan bersopir untuk menavigasi jalan yang ada di depan dan disimpan di pusat data Google. Teknologi navigasi ini dikembangkan bersama para insinyur terbaik yang diperoleh lewat DARPA Challenges, lomba balapan kendaraan otomatis yang diselenggarakan oleh pemerintah AS.
Selama pengujian oleh Google, kendaraan mobil terbaru otomatis ini belum pernah mengalami kecelakaan tabrakan. Untuk menjamin keselamatan, kendaraan tersebut selalu ditumpangi oleh seorang pengendara keamanan terlatih yang bisa bergerak jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Selain itu ditempatkan juga operator perangkat lunak terlatih di tempat duduk penumpang untuk memonitor perangkat lunak yang dipakai. Pada dasarnya, perangkat lunak tersebut akan ‘belajar’ dari rute dan kondisi jalan yang dilewati seperti mengetahui tanda lalu lintas dan garis jalan sehingga mobil sebelumnya bisa beradaptasi dengan karakteristik jalan yang akan dilewati.
Google berharap teknologi ini akan bisa mengurangi resiko kecelakaan di jalan hingga setidaknya setengahnya. Dengan kendaraan otomatis ini maka pengguna juga akan bisa berbagi kendaraan dan otomatis mengurangi volume kepadatan lalulintas maupun tingkat konsumsi energi maupun polusinya.
Teknologi ini masih perlu pengembangan. NYT memperkirakan masih dibutuhkan setidaknya delapan tahun agar teknologi ini bisa dipakai masal. Apakah teknologi seperti di film Knight Rider akan bisa terwujud?
Secara teknologi, Google benar-benar menunjukkan keperkasaannya. Beberapa waktu yang lalu telah meluncurkan layanan google music, dan kali ini “Teknologi Terbaru Google Mobil Otomatis Tanpa Sopir” kita tunggu saja gebrakan selanjutnya dari raksasa search engine ini
MOBIL CANGGIH BERBAHAN BAKAR ANGIN
Penemuan terbaru yang ada di dunia, mobil dengan bahan bakar angin yang sangat ramah lingkungan berbeda dengan bahan bakar lain, bahan bakar angin tidak menimbulkan polusi udara.
Ada tekhnologi hybrid yang mengklaim mengklaim lebih irit bahan bakar dan lebih ramah lingkungan, tapi sebenarnya teknologi hybrid tak benar-benar ramah bagi bumi ini. mesin hybrid mengaktifkan mesin yg konfensional dengan menggunakan bahan bakar fosil yang didukung oleh baterai, tapi untuk mobil bertenaga angin yang dikembangkan sebuah perusahaan di New York, AS, ini benar-benar tak menghasilkan emisi. hebat banget kan ?
Mobil yg di gerakan dengan memanfaatkan polusi udara yang di mampatkan, di kembangkan oleh mantan insinyur di Formula Satu yang kini bekerja di European MDI Corporation, mobil angin ini sudah siap memasuki tahap pembuatan prototipe.Setelah melakukan serangkaian kesepakatan yang diduga dilakukan bersama Tata Motors dan sejumlah produsen otomotif Jepang, MDI baru saja memberikan lisensi teknologi anyar itu kepada Zero Pollution Motors yang berbasis di New York. Perusahaan otomotif Amerika itu akan memproduksi mobil tenaga angin dengan kapasitas enam tempat duduk, mobil akan diluncurkan pada tahun 2010. Menurut Technoride, Zero Pollution akan mengembangkan mobil tenaga angin yang mampu digenjot hingga kecepatan puncak 150 km/jam dengan daya jangkau sekitar 800 mil.
Para perancangnya memberi nama mobil berkapasitas lima tempat duduk ini, OneCAT. Body mobil dibangun dari fiber glass. Karenanya mobil ini hanya memiliki barat kosong 350 kg. Biaya rancang bangunnya pun relatif rendah, tidak lebih dari 2.500 poundsterling.
Yang membedakan dengan mobil ramah lingkungan lainnya (hybrid) adalah mobil ini tidak digerakkan listrik atau batteray. Melainkan udara bertekanan. Udara bertekanan ini berasal dari mesin kompresor yang disimpan dalam sebuah tangki fiber carbon. Tangki didesain menyatu dengan chasis.
Untuk mengisi penuh tangki udara itu hanya dibutuhkan watu tidak kurang dari tiga menit. Lebih cepat dibandingkan dengan mengisi batteray mobil meski lewat quick charge sekali pun. Volume penuh udara tangki mampu menjalankan kendaraan hingga empat jam.
Untuk menempuh perjalanan jauh, mobil ini dilengkapi booster berupa fuel burner yang akan membakar atau meledakkan udara. Ledakan ini akan mendorong pistons air bertekanan yang menggerakkan pistons. Fuel burner mampu bekerja baik untuk semua jenis minyak bakar.
“Saat dikendarai di dalam kota, mobil cukup digerakkan udara bertekanan. Fuel burner baru dipergunakan jika ke luar kota atau membutuhkan kecepatan tinggi,” ‘ kata Gyu Negre, sang penemu yang berkebangsaan Prancis itu.
Negre yakin mobilnya ini akan banyak peminat. Mengingat lebih ramah lingkungan. Kondisi yang kini gencar dipersyaratkan di benua Eropa. “Para pembeli mobil ini adalah mereka yang sangat peduli lingkungan,’ ungkapnya.
mudah untuk menghemat BBM. Tawaran ini menarik pada saat pemerintah mengimbau hemat BBM di tengah kelangkaan pasokan premium dan harga minyak mentah dunia yang tinggi.
Ada perangkat Fuel Xtreme yang secara elektronik membantu mengubah BBM menjadi lebih aktif. Gerakan molekul dipercepat sehingga menaikkan energi bakar. Pembakaran menjadi lebih sempurna, mesin tak panas, dan buntutnya adalah efisiensi alias hemat bahan bakar. Alat ini sudah diuji coba dan terasa pada tarikan mesin yang lebih ringan, akselerasi enteng. Logisnya, BBM pun hemat.
Perangkat lainnya, Super FuelMax, berupa magnet yang dipasang di saluran bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar mesin. Seorang rekan sudah menggunakan alat ini dan diakuinya ada perubahan dalam tarikan mesin. Menggunakan Magnet Neodymium, Super FuelMax sanggup memecahkan dan mengionisasi rantai molekul hidrokarbon pada BBM. Hasilnya, pembakaran BBM menjadi sempurna dan akhirnya hemat bahan bakar.
Juga bisa ditemui Magic Jet yang lebih pada pengaturan kualitas udara yang diperlukan untuk pembakaran BBM di mesin. Efisiensi muncul karena pembakaran sempurna. PT Astra Otoparts dalam waktu dekat juga akan meluncurkan Bardhal Octane Booster yang memperbaiki kadar oktan yang rendah dalam BBM di negeri ini. Mobil berteknologi mutakhir membutuhkan oktan yang lebih tinggi. Juga hendak diluncurkan Specta Fuel Catalyst yang juga bisa memperbaiki mutu BBM yang ada.
Pengemudi harus paham soal dan bobot kendaraan, termasuk muatannya. Misal, sebuah sport utility vehicle (SUV) seperti Opel Blazer dengan bobot 2 ton sekalipun bermesin 2.2 Liter (2.198 cc) tidak bisa diajak balap dengan sebuah Honda Jazz dengan mesin 1.5 Liter (1.497 cc) dan bobot tak sampai setengahnya Opel. Mesin 2.2 Liter untuk perjalanan jauh, melalap jalan terjal dan berlumpur, bukan untuk balap.
Berkaitan dengan bobot mobil dan hemat BBM, BMW Group dari Jerman kian berupaya menekan bobot mobil keluarannya dengan menggunakan bahan yang lebih ringan. â?Membuat mobil lebih ringan 100 kilogram berarti menghemat setengah liter BBM untuk jarak tempuh 100 kilometer,â? ujar Helena Abidin dari PT BMW Indonesia.
Belum lagi dari aspek aerodinamis. Mobil sedan jelas lebih melaju ketimbang SUV maupun multipurpose vehicle (MPV). Bentuknya yang lebih pipih membuat gesekan angin dari depan lebih kecil dibandingkan dengan SUV atau MPV, apalagi bus atau truk. Pemakaian BBM pun semakin rendah. Jadi, tak tepat jika SUV diajak balap dengan sedan.
Mobil yang sudah dimodifikasi berbeda dalam konsumsi BBM dibandingkan dengan mobil standar pabrik. Ban yang lebar semakin menambah tahanan angin dan kerja mesin. Ban yang standar tetapi tekanan angin kurang juga berdampak pada pemakaian BBM. Belum lagi tambahan berbagai aksesori di luar maupun di dalam mobil, yang selain menambah bobot kendaraan, juga menambah gesekan angin dari depan saat melaju.
Pengemudi juga harus mengenal daya kerja mesin. Misalnya, soal tenaga maksimum dan torsi maksimum. Torsi maksimum pada putaran mesin rendah (rpm) jelas membuat kendaraan ini tak perlu tenaga mesin besar saat meluncur perdana. BBM pun lebih hemat karena pedal gas tak perlu diinjak dalam. Tarikan panjang di awal atau kebiasaan menekan pedal gas berulang-ulang jelas pemborosan.
Tenaga maksimum mesin pada rpm sekian juga menunjukkan bahwa kendaraan tak bisa lagi pacu. Semisal tenaga maksimum pada 4.000 rpm, maka kendaraan tak bisa dipaksa lagi di atas rpm ini. Tidak akan ada tambahan tenaga kecuali BBM yang terbuang sia-sia.
Ada tekhnologi hybrid yang mengklaim mengklaim lebih irit bahan bakar dan lebih ramah lingkungan, tapi sebenarnya teknologi hybrid tak benar-benar ramah bagi bumi ini. mesin hybrid mengaktifkan mesin yg konfensional dengan menggunakan bahan bakar fosil yang didukung oleh baterai, tapi untuk mobil bertenaga angin yang dikembangkan sebuah perusahaan di New York, AS, ini benar-benar tak menghasilkan emisi. hebat banget kan ?
Mobil yg di gerakan dengan memanfaatkan polusi udara yang di mampatkan, di kembangkan oleh mantan insinyur di Formula Satu yang kini bekerja di European MDI Corporation, mobil angin ini sudah siap memasuki tahap pembuatan prototipe.Setelah melakukan serangkaian kesepakatan yang diduga dilakukan bersama Tata Motors dan sejumlah produsen otomotif Jepang, MDI baru saja memberikan lisensi teknologi anyar itu kepada Zero Pollution Motors yang berbasis di New York. Perusahaan otomotif Amerika itu akan memproduksi mobil tenaga angin dengan kapasitas enam tempat duduk, mobil akan diluncurkan pada tahun 2010. Menurut Technoride, Zero Pollution akan mengembangkan mobil tenaga angin yang mampu digenjot hingga kecepatan puncak 150 km/jam dengan daya jangkau sekitar 800 mil.
Para perancangnya memberi nama mobil berkapasitas lima tempat duduk ini, OneCAT. Body mobil dibangun dari fiber glass. Karenanya mobil ini hanya memiliki barat kosong 350 kg. Biaya rancang bangunnya pun relatif rendah, tidak lebih dari 2.500 poundsterling.
Yang membedakan dengan mobil ramah lingkungan lainnya (hybrid) adalah mobil ini tidak digerakkan listrik atau batteray. Melainkan udara bertekanan. Udara bertekanan ini berasal dari mesin kompresor yang disimpan dalam sebuah tangki fiber carbon. Tangki didesain menyatu dengan chasis.
Untuk mengisi penuh tangki udara itu hanya dibutuhkan watu tidak kurang dari tiga menit. Lebih cepat dibandingkan dengan mengisi batteray mobil meski lewat quick charge sekali pun. Volume penuh udara tangki mampu menjalankan kendaraan hingga empat jam.
Untuk menempuh perjalanan jauh, mobil ini dilengkapi booster berupa fuel burner yang akan membakar atau meledakkan udara. Ledakan ini akan mendorong pistons air bertekanan yang menggerakkan pistons. Fuel burner mampu bekerja baik untuk semua jenis minyak bakar.
“Saat dikendarai di dalam kota, mobil cukup digerakkan udara bertekanan. Fuel burner baru dipergunakan jika ke luar kota atau membutuhkan kecepatan tinggi,” ‘ kata Gyu Negre, sang penemu yang berkebangsaan Prancis itu.
Negre yakin mobilnya ini akan banyak peminat. Mengingat lebih ramah lingkungan. Kondisi yang kini gencar dipersyaratkan di benua Eropa. “Para pembeli mobil ini adalah mereka yang sangat peduli lingkungan,’ ungkapnya.
mudah untuk menghemat BBM. Tawaran ini menarik pada saat pemerintah mengimbau hemat BBM di tengah kelangkaan pasokan premium dan harga minyak mentah dunia yang tinggi.
Ada perangkat Fuel Xtreme yang secara elektronik membantu mengubah BBM menjadi lebih aktif. Gerakan molekul dipercepat sehingga menaikkan energi bakar. Pembakaran menjadi lebih sempurna, mesin tak panas, dan buntutnya adalah efisiensi alias hemat bahan bakar. Alat ini sudah diuji coba dan terasa pada tarikan mesin yang lebih ringan, akselerasi enteng. Logisnya, BBM pun hemat.
Perangkat lainnya, Super FuelMax, berupa magnet yang dipasang di saluran bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar mesin. Seorang rekan sudah menggunakan alat ini dan diakuinya ada perubahan dalam tarikan mesin. Menggunakan Magnet Neodymium, Super FuelMax sanggup memecahkan dan mengionisasi rantai molekul hidrokarbon pada BBM. Hasilnya, pembakaran BBM menjadi sempurna dan akhirnya hemat bahan bakar.
Juga bisa ditemui Magic Jet yang lebih pada pengaturan kualitas udara yang diperlukan untuk pembakaran BBM di mesin. Efisiensi muncul karena pembakaran sempurna. PT Astra Otoparts dalam waktu dekat juga akan meluncurkan Bardhal Octane Booster yang memperbaiki kadar oktan yang rendah dalam BBM di negeri ini. Mobil berteknologi mutakhir membutuhkan oktan yang lebih tinggi. Juga hendak diluncurkan Specta Fuel Catalyst yang juga bisa memperbaiki mutu BBM yang ada.
Pengemudi harus paham soal dan bobot kendaraan, termasuk muatannya. Misal, sebuah sport utility vehicle (SUV) seperti Opel Blazer dengan bobot 2 ton sekalipun bermesin 2.2 Liter (2.198 cc) tidak bisa diajak balap dengan sebuah Honda Jazz dengan mesin 1.5 Liter (1.497 cc) dan bobot tak sampai setengahnya Opel. Mesin 2.2 Liter untuk perjalanan jauh, melalap jalan terjal dan berlumpur, bukan untuk balap.
Berkaitan dengan bobot mobil dan hemat BBM, BMW Group dari Jerman kian berupaya menekan bobot mobil keluarannya dengan menggunakan bahan yang lebih ringan. â?Membuat mobil lebih ringan 100 kilogram berarti menghemat setengah liter BBM untuk jarak tempuh 100 kilometer,â? ujar Helena Abidin dari PT BMW Indonesia.
Belum lagi dari aspek aerodinamis. Mobil sedan jelas lebih melaju ketimbang SUV maupun multipurpose vehicle (MPV). Bentuknya yang lebih pipih membuat gesekan angin dari depan lebih kecil dibandingkan dengan SUV atau MPV, apalagi bus atau truk. Pemakaian BBM pun semakin rendah. Jadi, tak tepat jika SUV diajak balap dengan sedan.
Mobil yang sudah dimodifikasi berbeda dalam konsumsi BBM dibandingkan dengan mobil standar pabrik. Ban yang lebar semakin menambah tahanan angin dan kerja mesin. Ban yang standar tetapi tekanan angin kurang juga berdampak pada pemakaian BBM. Belum lagi tambahan berbagai aksesori di luar maupun di dalam mobil, yang selain menambah bobot kendaraan, juga menambah gesekan angin dari depan saat melaju.
Pengemudi juga harus mengenal daya kerja mesin. Misalnya, soal tenaga maksimum dan torsi maksimum. Torsi maksimum pada putaran mesin rendah (rpm) jelas membuat kendaraan ini tak perlu tenaga mesin besar saat meluncur perdana. BBM pun lebih hemat karena pedal gas tak perlu diinjak dalam. Tarikan panjang di awal atau kebiasaan menekan pedal gas berulang-ulang jelas pemborosan.
Tenaga maksimum mesin pada rpm sekian juga menunjukkan bahwa kendaraan tak bisa lagi pacu. Semisal tenaga maksimum pada 4.000 rpm, maka kendaraan tak bisa dipaksa lagi di atas rpm ini. Tidak akan ada tambahan tenaga kecuali BBM yang terbuang sia-sia.
Senin, 08 November 2010
JADWAL MOTOR GP TAHUN 2011
Jadwal Lengkap Moto GP 2011 - Akhirnya musim 2010 berakhir dengan menetapkan Jorge Lorenzo dari tim FIAT Yamaha sebagai Juara Baru menggeser seniornya yang juga rekan satu team, Valentino Rossi. Jadwal Moto GP 2011 ini sebagai kelanjutan dari musim sebelumnya telah disusun oleh badan federasi FIM yang menaungi seri balapan paling populer di dunia setingkat F1 ini.
Persaingan musim 2011 nanti tampaknya akan semakin sengit seiring dengan berpindahnya The Doctor ke tim Ducati. Perpindahan ini tentunya akan memanaskan aroma persaingannya dengan pembalap dari Spanyol, Jorge Lorenzo. Jangan lupakan juga pembalap - pembalap lain yang siap beraksi seperti Casey Stoner, Dani Pedrosa ataupun Andrea Dovizioso. Penasaran dengan aksi-aksi mereka di sirkuit, maka jangan lewatkan jadwal balapannya agar tidak ketinggalan dengan aksi seru mereka.
Berikut ini Jadwal Lengkap Moto GP 2011 :
20 Maret, Qatar (Losail)
3 April, Spanyol (Jerez)
24 April, Jepang (Motegi)
1 Mei, Portugal (Estoril)
15 Mei, Prancis (Le Mans)
5 Juni, Katalunya (Katalunya)
12 Juni, Inggris (Silverstone)
25 Juni, Belanda (Assen)
3 Juli, Italia (Mugello)
17 Juli, Jerman (Sachsenring)
24 Juli, Amerika Serikat (Laguna Seca)
14 Agustus, Republik Ceko (Brno)
28 Agustus, Indianapolis (Indianapolis)
4 September, San Marino & Riviera di Rimini (Misano)
18 September, Aragon (Motorland)
16 Oktober, Australia (Phillip Island)
23 Oktober, Malaysia (Sepang)
6 November, Valencia (Ricardo Tormo Valencia)
Rabu, 03 November 2010
PENTAGON KEMBANGKAN MOBIL TERBANG
OTOMOTIFNET - The Pentagon’s Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) atau unit riset proyek teknologi terdepan divisi pertahanan Pentagon, memunculkan ide untuk menggabungkan kemampuan Humvee dengan helicopter dengan sebutan ‘The Transformer’.
DARPA mengusulkan proposal menciptakan alat transportasi baru yang akan digunakan untuk menghindari ranjau darat dan memiliki kemampuan untuk terbang di atas pemberontak.
Humvee terbang tersebut disebutkan harus bisa meninggalkan daratan dengan cara tegak lurus atau vertikal. Jarak yang bisa ditempuh disebutkan harus sanggup menjelajah hingga 400 km antara di darat dan di udara.
CV MATIC DAN YTAC
Terjawab sudah pertanyaan kita, mana yang lebih dulu masuk ke Indonesia? CV MATIC NYA HONDA, atau YTAC NYA YAMAHA?
Revo tekno sudah merilis CV matic.. mari kita lihat perbedaan antara CV MATIC dan YTAC (yamaha compact automatic transmission)
CV matic dan YCAT sama-sama merancang transmisi ini untuk mesin bebek berkapasitas mesin antara 100 sampai 125cc. Mekanisme continuously variable transmission (CVT) yang dipakai skutik dipindahkan ke mesin bebek tapi tentunya tanpa merubah tata letak apapun dari mesin bebek.
Terlihat dari luar, nantinya mesin akan tetap berada sejajar dengan footspeg dan tetap ada rantai dan final gear sebagai transfer tenaga terakhir ke roda. Lalu CVT-nya diletakkan di mana? Kedua pabrikan ini sama-sama mendesain CVT di ruang kopling pada mesin bebek konvensional.
Konstruksi CV Matic (kiri) dan YCAT hampir sama
Bila umumnya keluar dari kruk as di gear box sebelah kanan adalah ruang untuk rumah kopling sentrifugal. Sedang pada CV Matic dan YCAT ruang ini dijadikan ruang untuk CVT. Bentuknya memang tak sepanjang CVT pada skutik, dengan pully berdiameter lebih besar. Baru dari driven pully (pully belakang) terhubung ke final gear dan rantai yang meneruskan transfer tenaga ke roda.
Nah yang membedakan diantara CV matic dan YCAT adalah konstruksi pendinginannya di CVT. Keduanya sama-sama memiliki lubang masuk udara di drive pully (pully depan), namun pada YCAT dilengkapi dengan belalai yang moncongnya terletak di sebelah filter udara.
Sedang CV matic belum menjelaskan posisi lubang masuknya udara, hanya ada lubang di atas drive pully. Sedang tempat keluarnya udara yang telah melewati CVT sama-sama di atas driven pully.
YCAT (kanan) dilengkapi dengan belalai
Rencananya Yamaha akan segera memproduksi bebek dengan transmisi automatic ini pada 2010 mendatang untuk pasar sepeda motor di Asean. Dan negara yang paling pertama akan mendapat jatah adalah Vietnam.
Revo tekno sudah merilis CV matic.. mari kita lihat perbedaan antara CV MATIC dan YTAC (yamaha compact automatic transmission)
CV matic dan YCAT sama-sama merancang transmisi ini untuk mesin bebek berkapasitas mesin antara 100 sampai 125cc. Mekanisme continuously variable transmission (CVT) yang dipakai skutik dipindahkan ke mesin bebek tapi tentunya tanpa merubah tata letak apapun dari mesin bebek.
Terlihat dari luar, nantinya mesin akan tetap berada sejajar dengan footspeg dan tetap ada rantai dan final gear sebagai transfer tenaga terakhir ke roda. Lalu CVT-nya diletakkan di mana? Kedua pabrikan ini sama-sama mendesain CVT di ruang kopling pada mesin bebek konvensional.
Konstruksi CV Matic (kiri) dan YCAT hampir sama
Bila umumnya keluar dari kruk as di gear box sebelah kanan adalah ruang untuk rumah kopling sentrifugal. Sedang pada CV Matic dan YCAT ruang ini dijadikan ruang untuk CVT. Bentuknya memang tak sepanjang CVT pada skutik, dengan pully berdiameter lebih besar. Baru dari driven pully (pully belakang) terhubung ke final gear dan rantai yang meneruskan transfer tenaga ke roda.
Nah yang membedakan diantara CV matic dan YCAT adalah konstruksi pendinginannya di CVT. Keduanya sama-sama memiliki lubang masuk udara di drive pully (pully depan), namun pada YCAT dilengkapi dengan belalai yang moncongnya terletak di sebelah filter udara.
Sedang CV matic belum menjelaskan posisi lubang masuknya udara, hanya ada lubang di atas drive pully. Sedang tempat keluarnya udara yang telah melewati CVT sama-sama di atas driven pully.
YCAT (kanan) dilengkapi dengan belalai
Rencananya Yamaha akan segera memproduksi bebek dengan transmisi automatic ini pada 2010 mendatang untuk pasar sepeda motor di Asean. Dan negara yang paling pertama akan mendapat jatah adalah Vietnam.
DUCATI MACH 1, Perintis Nama Besar Ducati
Nama besar Ducati di ajang balap motor international tidak diraih dalam sekejap. Sejak dulu Ducati sudah mengeluarkan motor2 berperforma tinggi. Perkenalkan Ducati Mach 1, si kecil merah yang lincah. Ducati Mach 1 berbekal mesin 249cc dan bertenaga 26PS pada 8500rpm adalah motor yang diluncurkan Ducati pada tahun 1964 dan menjadi motor tercepat di kelas 250cc pada masa itu. Dengan bobot yang hanya 116Kg, Mach 1 dapat mencapai kecepatan puncak 171 Km/jam.
Ada beberapa faktor yang memungkinkan Mach 1 mencapai kecepatan luar biasa ini. Mach 1 dipersenjatai dengan karburator berventuri besar: Dell ‘Orto SS-1. Gear Box dengan 5 tingkat percepatan, piston kompresi tinggi dan sederetan onderdil berperforma superior memungkinkan Mach 1 berakselerasi dengan cepat, terlebih lagi velg yang digunakan dibuat dari logam yang ringan. Pemilik Mach 1 juga diuntungkan di arena balap dengan setang Mach 1 yang sudah sporty. Semua kemudahan untuk mengorek dan mendapatkan Mach 1 menjadikan motor ini laris digunakan untuk balapan.
Kehandalan Mach 1 tentunya memiliki peranan besar dalam membentuk image Ducati sebagai motor cepat. Mach 1 hanya diproduksi hingga tahun 1967. Ia digantingkan dengan versi baru yang telah mengalami banyak pengembangan, terutama pada sektor mesin.
MOYANGNYA MOTOR: DAIMLER EINSPUR
Ayo..sungkem dulu sama Mbah Moyang…Ini dia nih moyangnya benda-benda yang setiap hari mengantar kita kesana-kesini: Daimler Einspur.
Daimler Einspur boleh dikatakan sebagai motor pertama yang diturunkan ke muka bumi ini, yakni secara resmi pada tahun 1885. Meskipun sebelumnya ada motor 2 silinder karya Sylvester Roper pada tahun 1867. Masalahnya, motor karya Roper bertenaga uap, sedangkan Daimler Einspur adalah motor pertama berbahan bakar bensin. Kalo mas Bro lagi ke Jerman, bisa mampir ke Deutsches Zweirad und NSU Museum di kota Ulm, di sana si Moyangnya motor ini bersemayam. Letak museum ini tidak begitu jauh dari Frankfurt am Main, jika naik kereta, tapi kalo jalan kaki mungkin seminggu, kalo jalan jongkok, mungkin sampenya ke akherat.
Motor ini bermesin 1 silinder, 4 tak dengan kapasitas 264 cc. Soal tenaganya, ada yang bilang 1 PS pada 600 rpm (Micro de Cet), ada yang bilang 0,5 PS pada 700 rpm (Hugo Wilson). Motor ini memiliki rangka yang terbuat dari kayu, bobotnya hanya 90 Kg. Motor ini diciptakan oleh Gottlieb Daimler, seorang tukang insinyur Jerman. Dalam produksinya, ia dibantu anak didiknya, Wilhelm Maybach, yang diangkat Daimler menjadi chief-designer di bengkelnya.
Daimler Einspur lebih mirip kuda ketimbang sepeda, itu kalo dilihat dari tingginya. Joki tidak bisa menjejakkan kaki ke tanah, karena letak sadel yang mirip sadel kuda ini memang tinggi. Untuk itu, Daimler einspur diperlengkapi dengan 2 roda kecil untuk membuatnya tegak berdiri, ya seperti sepeda roda empat kita waktu kecil dulu. Daimler Einspur juga sudah melakukan jelajah negeri (liliput). Ia berhasil menempuh jarak antar kota sejauh 3 km saja dan tanpa mengalami masalah. Kecepatan maksimal saat pengetesan ini adalah 12 Km/ jam.
Sabtu, 30 Oktober 2010
Motor – motor termahal di dunia…
Melihat harga harga motor besar memang terkesan mahal, apalagi harga motor2 eropa. Ternyata, dibandingkan dengan sepeda motor berikut, hal itu belum ada apa-apanya. Dari penelusuran berbagai media online, ternyata ada 5 sepeda motor termahal di dunia.
Kisaran harganya, paling rendah (tidak bisa disebut murah), mulai dari 139.567 dollar AS (Rp 1,57 miliar) hingga tertinggi 550.000 dollar AS (Rp 6,051 miliar). Ciri lainnya, hanya bisa ditunggangi oleh pengendaranya. Kendati kencang dan bertenaga, sepeda motor itu dipastikan tidak untuk balap. Karena harganya mahal, kendaraan ini paling pas sebagai koleksi.
Eksklusif
Kriteria yang harus dipenuhi moge termahal adalah dijual secara komersial. Jumlah produksi tidak dibatasi, meski kenyataannya dibuat terbatas atau eksklusif. Syarat lainnya, bisa digunakan di jalanan umum atau street legal.
Ternyata, dari lima moge supermahal ini, ada yang dibikin cuma 10 unit dan ada pula dibatasi sampai 100 unit. Sampai sekarang, belum ada laporan jumlah unit dari moge supermahal ini yang terjual. Kelima moge tersebut adalah:
Termahal ke #5 MV Agusta F4 CC
Harga 100.000 euro (Rp 1.571.750.775)
Sepeda motor ini dirancang sendiri oleh Claudio Castiglioni, Direktur MV Agusta, Varese Italia. Ia ingin menciptakan sepeda motor spektakuler untuk memenuhi strategi pemasaran sembari membuat versi yang benar-benar khusus dan unik.
Sepeda motor ini menggunakan inisial namanya “CC”. Prestasinya, mampu dikebut sampai 315 km/jam. Mesinnya berkapasitas 1.078 cc dan menghasilkan tenaga 198 PS. Dibandingkan dengan moge untuk MotorGP, MV Agusta F4 CC jelas kalah telak.
Lantas apa yang membuatnya mahal? Setiap motor ini diberi pelat platinum yang ditempatkan di atas tengah setang yang memperlihatkan nomor model dari 1 sampai 100. Dengan cara ini, pemilik punya nilai khusus, yaitu eksklusivitas dan hanya dimiliki segelintir orang. Motor ini juga dinilai sebagai mahakarya perusahaan tersebut.
Termahal ke #4 MTT Gas Turbine Superbike
Harga: 175.000 dollar AS (110.000 euro; Rp 1.728.925.852)
Inilah moge yang memulai popularitasnya dari Hollywood! Bagi yang suka dan pernah menonton film Torque pasti sudah melihatnya. Ya… itulah MTT Gas Turbin Superbike.
Motor ini tidak hanya mahal, tetapi juga cepat. Rekor tercepat sepeda motor berdasarkan Guiness World Book Record dipegang oleh motor ini. Karena itu pula moge ini dijuluki “Most Powerful Motorcycle Ever to Enter Series Production”.
Selain menjadi “seleb” di Hollywood, MTT juga punya mesin yang berbeda dibandingkan moge lainnya. Moge ini menggunakan mesin turbin Roll Royce Allison seri 250, yang mampu menghasilkan tenaga 320 @52.000 rpm dan torsi 59 kg-m @2.000 rpm, transmisi 2 kecepatan otomatis dan rangka dari aluminium. Beratnya cuma 227 kg. Menurut MTT, sang pembuat dari Lousiana, kalau mesin dimodifikasi, tenaga sepeda motor ini bisa mencapai 420 PS dan torsi 69 kg-m.
Motor ini diselimuti fairing dari serat karbon. Di belakangnya dipasang kamera, sedangkan di depan dilengkapi dengan mata radar laser. Untuk menghidupkan mesinnya, cukup menyentuh tombol Smart Start.
Termahal ke #3 Macchia Nera Concept Bike
Harga: 150.000 euro (Rp 2.357.626.162)
Dari namanya sudah diketahui asal usulnya. Motor ini menggunakan mesin Ducati 998RS, dan merupakan karya para perancang dan insinyur Italia yang ingin menciptakan motor dengan teknologi sangat hebat, ringan, dan mahal. Tujuannya untuk menjadikan motor ini sebagai The Ultimate Track Bike dengan konsep: indah-sederhana dan sederhana-indah.
Mesin Testastretta dipasang pada rangka yang dibuat dari logam ringan, yaitu campuran titanium dan aluminium. Dilihat dari samping, rangka Macchia Nera terlihat seperti tali-temali mengikat mesin. Dirancang minimalis sebagai naked bike, tetapi dari segi estetika dinilai mengagumkan.
Motor ini tidak diproduksi secara massal. Namun, bila ingin memilikinya, ini bisa dipesan. Syaratnya, tentu saja menyediakan uang lebih dari Rp 2,35 miliar. Orang menyebut sepeda motor ini sebagai mainan mahal!
Temahal ke #2 Ecosse Titanium Series
Harga: 250.000 dollar AS (Rp 2.787.500.000)
Kehebatan Ecosse Titanium Series RR Limited Edition sehingga dihargai seperti di atas lantaran seluruh sasisnya dibuat dari titanium. Begitu juga dengan kedua knalpotnya. Seluruh bodi dibuat dari serat karbon yang dilapisi dengan pernis. Desainnya dianggap inovatif dan dibuat dalam jumlah terbatas. Bobotnya 400 kg.
Mesin yang digunakan, V2 berkapasitas 2.150 cc, dilengkapi supercharger, intercooler, dan menggunakan sistem injeksi bahan bakar untuk pasokan bahan bakar. Seluruh mesin disepuh dengan krom sehingga penampilannya eksklusif dan mengkilap. Tenaga yang dihasilkan 200 PS dengan torsi 29 kgm.
Teknologi lain yang menyebabkannya mahal adalah shockbreaker!? hlin yang bisa disetel dan biasanya digunakan untuk superbike. Rem depan dan belakang menggunakan billet ISR dengan 12 kampas.
Fitur khusus eksklusif lainnya, sadel yang empuk dan ergonomis, dapat disetel; plus nomor seri yang diukir pada klem setang dan pelat nomor. Roda moge ini juga dibuat dari serat karbon yang dilapisi pernis.Tambahan lain adalah aksesori mewah, jam BRM yang dirancang sesuai dengan desain dan warna Ecosse Titanium.
Termahal… Dodge Tomahawk V10 Superbike
Harga: 550.000 dollar AS (Rp 6.051.650.000)
Diperkenalkan pada 2003 oleh DaimlerChrysler. Waktu itu, tidak disebutkan harganya. Namun, media memperkirakan 250.000 dollar AS. Pasalnya, biaya produksi per unit 200.000 dollar AS. Namun allpar.com, situs remis Dodge yang mengutip kantor berita Reuter menginformasikan, Neiman Marcus membeli 10 unit moge dengan harga satu unit 550.000 dollar AS (Rp 6.051.650.000).
Untuk mesin, tak ada yang bisa mengalahkannya. Kapasitas total mesin 8,3 liter yang terdiri dari 10 silinder dengan konfigurasi V. Mesin ini dicomot dari supercar Dodge Viper yang dibanggakan Chyrsler pada awal 1990-an.
Diklaim mampu mencapai kecepatan 640 km/jam dengan beratnya yang total 680 kg. Keunikannya, motor ini punya suspensi independent 4-roda. Kedua roda depan dan belakang dipasang tandem sehingga konfigurasi roda-rodanya mirip dengan ATV. Akselerasi 0–96 km/jam hanya 2,5 detik (ada yang memperkirakan di bawah 2 detik). Dikabarkan motor tidak boleh digunakan di jalan raya umum! Karena itu pula, nasib moge ini sekarang tidak begitu jelas.
Tahun lalu muncul tiruannya yang dibuat di China. Mesin yang digunakan 150 cc dan ditawarkan dengan harga 1.400 dollar AS (Rp 15.575.000). Namanya KMD Tron. Kini ia juga dijual di Amerika dengan harga 1.180 dollar AS atau Rp 13.216.500.
Kisaran harganya, paling rendah (tidak bisa disebut murah), mulai dari 139.567 dollar AS (Rp 1,57 miliar) hingga tertinggi 550.000 dollar AS (Rp 6,051 miliar). Ciri lainnya, hanya bisa ditunggangi oleh pengendaranya. Kendati kencang dan bertenaga, sepeda motor itu dipastikan tidak untuk balap. Karena harganya mahal, kendaraan ini paling pas sebagai koleksi.
Eksklusif
Kriteria yang harus dipenuhi moge termahal adalah dijual secara komersial. Jumlah produksi tidak dibatasi, meski kenyataannya dibuat terbatas atau eksklusif. Syarat lainnya, bisa digunakan di jalanan umum atau street legal.
Ternyata, dari lima moge supermahal ini, ada yang dibikin cuma 10 unit dan ada pula dibatasi sampai 100 unit. Sampai sekarang, belum ada laporan jumlah unit dari moge supermahal ini yang terjual. Kelima moge tersebut adalah:
Termahal ke #5 MV Agusta F4 CC
Harga 100.000 euro (Rp 1.571.750.775)
Sepeda motor ini dirancang sendiri oleh Claudio Castiglioni, Direktur MV Agusta, Varese Italia. Ia ingin menciptakan sepeda motor spektakuler untuk memenuhi strategi pemasaran sembari membuat versi yang benar-benar khusus dan unik.
Sepeda motor ini menggunakan inisial namanya “CC”. Prestasinya, mampu dikebut sampai 315 km/jam. Mesinnya berkapasitas 1.078 cc dan menghasilkan tenaga 198 PS. Dibandingkan dengan moge untuk MotorGP, MV Agusta F4 CC jelas kalah telak.
Lantas apa yang membuatnya mahal? Setiap motor ini diberi pelat platinum yang ditempatkan di atas tengah setang yang memperlihatkan nomor model dari 1 sampai 100. Dengan cara ini, pemilik punya nilai khusus, yaitu eksklusivitas dan hanya dimiliki segelintir orang. Motor ini juga dinilai sebagai mahakarya perusahaan tersebut.
Termahal ke #4 MTT Gas Turbine Superbike
Harga: 175.000 dollar AS (110.000 euro; Rp 1.728.925.852)
Inilah moge yang memulai popularitasnya dari Hollywood! Bagi yang suka dan pernah menonton film Torque pasti sudah melihatnya. Ya… itulah MTT Gas Turbin Superbike.
Motor ini tidak hanya mahal, tetapi juga cepat. Rekor tercepat sepeda motor berdasarkan Guiness World Book Record dipegang oleh motor ini. Karena itu pula moge ini dijuluki “Most Powerful Motorcycle Ever to Enter Series Production”.
Selain menjadi “seleb” di Hollywood, MTT juga punya mesin yang berbeda dibandingkan moge lainnya. Moge ini menggunakan mesin turbin Roll Royce Allison seri 250, yang mampu menghasilkan tenaga 320 @52.000 rpm dan torsi 59 kg-m @2.000 rpm, transmisi 2 kecepatan otomatis dan rangka dari aluminium. Beratnya cuma 227 kg. Menurut MTT, sang pembuat dari Lousiana, kalau mesin dimodifikasi, tenaga sepeda motor ini bisa mencapai 420 PS dan torsi 69 kg-m.
Motor ini diselimuti fairing dari serat karbon. Di belakangnya dipasang kamera, sedangkan di depan dilengkapi dengan mata radar laser. Untuk menghidupkan mesinnya, cukup menyentuh tombol Smart Start.
Termahal ke #3 Macchia Nera Concept Bike
Harga: 150.000 euro (Rp 2.357.626.162)
Dari namanya sudah diketahui asal usulnya. Motor ini menggunakan mesin Ducati 998RS, dan merupakan karya para perancang dan insinyur Italia yang ingin menciptakan motor dengan teknologi sangat hebat, ringan, dan mahal. Tujuannya untuk menjadikan motor ini sebagai The Ultimate Track Bike dengan konsep: indah-sederhana dan sederhana-indah.
Mesin Testastretta dipasang pada rangka yang dibuat dari logam ringan, yaitu campuran titanium dan aluminium. Dilihat dari samping, rangka Macchia Nera terlihat seperti tali-temali mengikat mesin. Dirancang minimalis sebagai naked bike, tetapi dari segi estetika dinilai mengagumkan.
Motor ini tidak diproduksi secara massal. Namun, bila ingin memilikinya, ini bisa dipesan. Syaratnya, tentu saja menyediakan uang lebih dari Rp 2,35 miliar. Orang menyebut sepeda motor ini sebagai mainan mahal!
Temahal ke #2 Ecosse Titanium Series
Harga: 250.000 dollar AS (Rp 2.787.500.000)
Kehebatan Ecosse Titanium Series RR Limited Edition sehingga dihargai seperti di atas lantaran seluruh sasisnya dibuat dari titanium. Begitu juga dengan kedua knalpotnya. Seluruh bodi dibuat dari serat karbon yang dilapisi dengan pernis. Desainnya dianggap inovatif dan dibuat dalam jumlah terbatas. Bobotnya 400 kg.
Mesin yang digunakan, V2 berkapasitas 2.150 cc, dilengkapi supercharger, intercooler, dan menggunakan sistem injeksi bahan bakar untuk pasokan bahan bakar. Seluruh mesin disepuh dengan krom sehingga penampilannya eksklusif dan mengkilap. Tenaga yang dihasilkan 200 PS dengan torsi 29 kgm.
Teknologi lain yang menyebabkannya mahal adalah shockbreaker!? hlin yang bisa disetel dan biasanya digunakan untuk superbike. Rem depan dan belakang menggunakan billet ISR dengan 12 kampas.
Fitur khusus eksklusif lainnya, sadel yang empuk dan ergonomis, dapat disetel; plus nomor seri yang diukir pada klem setang dan pelat nomor. Roda moge ini juga dibuat dari serat karbon yang dilapisi pernis.Tambahan lain adalah aksesori mewah, jam BRM yang dirancang sesuai dengan desain dan warna Ecosse Titanium.
Termahal… Dodge Tomahawk V10 Superbike
Harga: 550.000 dollar AS (Rp 6.051.650.000)
Diperkenalkan pada 2003 oleh DaimlerChrysler. Waktu itu, tidak disebutkan harganya. Namun, media memperkirakan 250.000 dollar AS. Pasalnya, biaya produksi per unit 200.000 dollar AS. Namun allpar.com, situs remis Dodge yang mengutip kantor berita Reuter menginformasikan, Neiman Marcus membeli 10 unit moge dengan harga satu unit 550.000 dollar AS (Rp 6.051.650.000).
Untuk mesin, tak ada yang bisa mengalahkannya. Kapasitas total mesin 8,3 liter yang terdiri dari 10 silinder dengan konfigurasi V. Mesin ini dicomot dari supercar Dodge Viper yang dibanggakan Chyrsler pada awal 1990-an.
Diklaim mampu mencapai kecepatan 640 km/jam dengan beratnya yang total 680 kg. Keunikannya, motor ini punya suspensi independent 4-roda. Kedua roda depan dan belakang dipasang tandem sehingga konfigurasi roda-rodanya mirip dengan ATV. Akselerasi 0–96 km/jam hanya 2,5 detik (ada yang memperkirakan di bawah 2 detik). Dikabarkan motor tidak boleh digunakan di jalan raya umum! Karena itu pula, nasib moge ini sekarang tidak begitu jelas.
Tahun lalu muncul tiruannya yang dibuat di China. Mesin yang digunakan 150 cc dan ditawarkan dengan harga 1.400 dollar AS (Rp 15.575.000). Namanya KMD Tron. Kini ia juga dijual di Amerika dengan harga 1.180 dollar AS atau Rp 13.216.500.
Beberapa Tekhnolgi Unggulan yang di Pakai Sepeda Motor Honda
- CECS (Crankcase Emission Control System)
- Menekan emisi gas buang dari udara pernapasan mesin dengan menyalurkannya kembali ke saringan udara sehingga menjadi udara yang hangat dan kembali masuk ke dalam ruang pembakaran melalui karburator sehingga pembakaran menjadi lebih mudah dan ramah lingkungan
- Semua tipe Motor Honda menggunakannya
- ADS (Auto Decompression System)
- Kemudahan menstater motor dengan menggunakan kick stater (selahan kaki) dikarenakan pada saat mesin dimatikan, secara otomatis kompresi di dalam ruang cylinder di perkecil, sehingga pada saat mesin dihidupkan dengan di selah, akan terasa ringan
- Dipakai pada semua tipe Bebek.
- SASS (Secondary Air Suplay System)
- Tekhnologi yang mengatur penyemprotan udara bersih (O2) kedalam saluran buang “exhaust port” agar bereaksi dengan gas sisa pembakaran ( CO & HC ) menjadi gas CO2 dan H2O yang tidak berbahaya dan memenuhi standar emisi yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga motor Honda sangat ramah lingkungan
- Tekhnologi ini menempatkan Honda Supra X 125, sebagai pelopor sepeda motor ramah lingkungan di dunia, yang cukup menggunakan bensin premium yang tersedia di SPBU di manapun juga
- Di pakai pada tipe motor ; Supra X 125, New Mega Pro, New Tiger, Vario
- TSS (Throtle switch system)
- Switch yang dipasang pada karburator, yang berhubungan dengan CDI Unit, yang fungsinya memberikan sinyal ke CDI dengan tujuan menyempurnakan proses pembakaran pada putaran mesin menengah dan tinggi, hal ini menyebabkan penghematan bahan bakar.
- Dipakai pada tipe ; Karisma, Supra X 125
- EPBS (External Primary Brake System)
- Di pasang pada Kopling Ganda dengan tujuan untuk memperhalus perpindahan gigi pada saat start.
- Molybdenum Piston
- Piston yang di lapisi bahan molybdenum, membuat pergerakan piston lebih lancar dan suara mesin yang halus, serta piston lebih awet
- Tipe motor Karisma, Supra X 125, Vario
- Roller rocker arm
- Sepeda Motor pertama di Indonesia yang menggunakan tekhnologi ini ada lah Honda
- Rocker Arm dimana bagian yang bergesekan langsung dengan noken as berupa Roller/bearing, sehingga pergerakan rocker arm lebih ringan, suara mesin lebih halus dan menghindari terjadinya keausan, serta dapat menghemat bahan bakar.
- Tipe motor Karisma, Supra X 125, Vario
- Crank case offset
- Crank shaft di desain untuk menguragi kerugian gesekan (friction loss) antara piston denan dinding silinder sehingga tenaga lebih optimal
- Secure Key Shutter
- Sistem penguncian dilengkapi dengan cover bermagnet sebagai pelindung lubang kunci kontak (ignition key).
- Kunci pengaman ganda lebih melindungi kendaraan dari pencurian
- Tipe Motor ; Supra X 125, Revo, Vario, New Mega Pro, New Tiger
Tentunya masih banyak lagi tekhnologi yang di pakai oleh Honda yang belum saya sebutkan, harapan saya masyarkay pemakai Honda memahami betul dan tahu bagaimana memanfaatkan tekhnologi yang ada.
Inilah Penyebab Mesin Motor Mati Saat melintas Rel Kereta Api
Bagi para pengendara pasti sering mendengar berita tentang kecelakaan antara kereta api dengan mobil/motor di pintu perlintasan kereta. Penyebabnya pun relatif sama, yaitu pengemudi yang tidak sabaran atau mesin kendaraan yang tiba-tiba mati dan sulit dihidupkan kembali ketika berada di perlintasan rel.
Mengapa mesin kendaraan bermotor suka mati dan sulit dihidupkan kembali ketika berada di perlintasan rel?Penyebab suka matinya mesin kendaran ketika berada di perlintasan rel kereta sebenarnya disebabkan karena adanya arus listrik dan medan magnet pada rel kereta yang timbul akibat gesekan antara roda kereta dengan relnya.
Arus listrik dan medan magnet tersebut juga mempengaruhi kinerja dinamo starter pada kendaraan, akibatnya mesin kendaraan sulit untuk dihidupkan kembali.
Ada tipsnya nih supaya kamu aman di sekitar Berikut tips aman saat melintasi rel kereta api:
1. Kecepatan kereta bisa mencapai 100 km per jam. Jadi, meskipun keretanya belum terlihat ketika palang pintu perlintasan sudah ditutup, baiknya kamu tunggu saja sampai keretanya benar-benar sudah lewat.
2. Jika kamu terpaksa menyebrang walau palang pintu perlintasan sudah ditutup, menyebranglah sambil menekan klakson berkali-kali. Hal tersebut juga perlu dilakukan apabila kendaraan kita sudah terlanjur mogok di perlintasan kereta. Dengan menekan klakson berkali-kali, bisa mengurangi efek arus listrik dan medan magnet yang mengganggu terhadap dinamo starter pada kendaraan kita
TOMAHAWK "MONSTER BIKE" TERCEPAT DIDUNIA
ini dia motor tercepat di dunia (at least sampe tulisan ini gue posting) kapasitas mesinnya 8200cc (buju buneng). ini sama aja kaya ngendarain kereta api beroda dua
Tomahawk adalah sepeda motor berbasis Viper V-10 ,mesin bertenaga 500 horsepower dengan empat roda. Chrysler sang pencipta akan menjual konsep original Tomahawk dan 9 replikanya melalui Neiman Marcus,seharga $555,000
ato sekitar 5,1 miliar rupiah per buah. sepeda motor ini tidak bisa dibuatkan izinnya,jadi kendaraan ini tidak bisa digunakan di jalan umum.juru bicara Chrysler mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa TOMAHAWK dibuat sebagai "Pajangan Promosi" saja. Gosip menyatakan TOMAHAWK dijual seharga dibawah $200,000 (18,8 milliar Rp), kemungkinan "jual rugi" atau harga break even,untuk tujuan publisitas - namun Tomahawk masih dapat dikendarai. Dodge Tomahawk dapat mencapai 60 miles per jam dalam 2.5 dtik, dan memikiki kecepatan teoritik hampir mencapai 400 mph. setiap pasang rodanya terpisah hanya beberap inci dan masing-masing roda memiliki suspensi independen.empat roda diperlukan untuk menangani power dari mesinnya.
spesifikasinya :
MESIN
1. 500 bhp (372 kW) @ 5600 rpm (60.4 bph/liter); 525 lb.-ft. (712 Nm) @ 4200 rpm
2. 10-silinder 90 derajat V-type, liquid-cooled, 505 cubic inci (8277cc)
3. 365-T6 alumunium alloy block dengan cast-iron liners, alumunium alloy Cylinder head
4. Bore s Stroke : 4.03 inci x 3.96 inci (102.4 x 100.6)
5. dua buah pushrod-actuated overhead valves per cylinder dengan roller-type hydraulic lifters
6. Multi-port electronic fuel injection dengan individual runners
7. rasio kompresi : 9.6:1
8. maks kecepatan mesin : 6000 rpm
9. Bahan bakar : Unleaded Premium, oktan 93 (R+M/2)
10.system pelumas : Dry Dump; menggunakan 8 quarts Mobil1 10W30 Synthetic
11.sistem pendingan : Twin Alumunium radiators diatas engine intake manifolds, kipas turbin
yang digerakan oleh belt.
12.membutuhkan 11 quarts antifreeze
13.sistem pembakaran : headers Tabung stainless steel dengan dual collectors dan satu buah outlet
belakang.
SUSPENSI
Depan :
Outboard,conrol arms paralel satu sisi yang terbuat dari Polished Billet Alumunium. dipasang melalui
Ball joint ke Steering bagian atas dan hubs. Caster 4 derajat. single coil-over damper yang dapat
disesuaikan (2.5 inci coil dengan Spring Perch yang dapat disesuaikan);pullrod dan rocker-actuated
mono linkage.Center-lock racing style hubs.
belakang :
Hand-fabricated box-section steel inboard swing arms, incorporating “hydral-link” lockable recirculating
hydraulic circuit parking stand. Single fully adjustable centrally located Koni coil-over damper
( 2.25-inch coil with adjustable spring perch); pushrod and rocker-actuated mono linkage.
Center-lock racing-style hubs.
REM
Depan :
20-inch perimeter-mounted drilled machined stainless steel rotors, satu setiap roda. 2 4-piston fixed aluminum calipers
per wheel (total 16 piston), dibuat secara custom. Blue anodized caliper finish. diaktifkan tangan.
Belakang :
20-inch perimeter-mounted drilled cast-iron rotors, satu setiap roda. 1 4-piston fixed aluminum caliper per wheel
(total 8 piston), dibuat secara custom. Blue anodized caliper finish. Fdiaktifkan kaki.
PERFORMANCE:
0-60 mph: 2.5 detik (perkiraan)
Top Speed: 300+ mph (perkiraan)
DIMENSIONS:
Panjang: 102 inches
Lebar: 27.7 inches
Tinggi: 36.9 inches
Wheelbase: 76 inches
tinggi jok: 29 inches
berat: 1,500 lbs.
Track, depan: 8.75 in
Track, belakang: 10 in
Weight Dist: 49F/51R
jarak dengan tanah: 3 in
bahan bakar: 3.25 gallons
SISTEM ELEKTRIK:
Alternator: 136-amp high-speed
Battery : Leak-resistant, maintenance-free 600 CCA
Lighting: Headlights terdiri dari 12 LEDs 5w, depan,dengan beam modifying optics dan masked lenses.
8 LEDs, Belakang. Headlamps articulate dengan roda.
TRANSMISSION:
Manual, penggerak kaki 2 percepatan
Aluminum-cased 2 percepatan, sequential racing-style with dog ring, straight-cut gearsGear Ratios: 1st 18:38; 2nd
23:25Clutch: Double-disc, dry-plate dengan organic friction materials, hand lever actuated dengan assistFinal
drive: Dual 110-link motorcycle-style chains
Front Sprockets: 14 teethRear Sprockets: 35 teeth
Longitudinal, centrally mounted engine, rear-wheel drive layout; monocoque construction, engine is central, stressed
member. Body dari billet aluminum.
Jumat, 29 Oktober 2010
HELM DENGAN AIR BAG
Kalau hingga saat ini peranti airbag merupakan hal yang lumrah didapati di roda empat, tidak demikian halnya dengan di roda dua. Setahu saya, hingga saat ini airbag hanya bisa didapati di Honda Gold Wing. Perangkat airbag untuk motor dinilai tidak sesuai dan berlebihan. Belum lagi guncangan yang diterima motor (akibat dipakai wheelie misalnya) dapat menyebabkan airbag terbuka di saat yang tak terduga, malahan bisa bikin malu euy… Kebayang dong kalau motor lagi berhenti di lampu merah terus ada cewe sexy nyebrang jalan dan lirik-lirikan sama si biker, eh mendadak airbag mengembang!!!!! Pertanyaannya: terkena benturan apakah si motor????? (Demi alasan kesusilaan, bagian ini tidak akan saya lanjutkan)
Setelah mengalami proses uji coba dan pengembangan yang memakan waktu bertahun-tahun, akhirnya helm dengan airbag pertama diluncurkan. Polo, firma yang mensuplai pernak-pernik motor dan bikers, dan APC Systems, firma asal Spanyol memperkenalkan helm ajaib ini di ajang Intermot. Sejak bulan Oktober tahun ini, si Helm airbag sudah dipasarkan di Jerman. Helm yang diriset hingga tepatnya 4 tahun ini dikembangkan dan diproduksi di Spanyol.
Pada musim gugur tahun 2007 dan awal tahun 2008, helm airbag ini diuji oleh DEKRA di Stuttgart. DEKRA adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang terpercaya mengadakan test-test pada produk-produk otomotif dan industri. Video-video crash test bisa Bro lihat di web site sang produsen: http://www.apcsystem.com/. (Bahasa Spanyol Bro…ane nyerah dah…)
Untuk bisa mengembang hingga sempurna, airbag hanya membutuhkan waktu tidak kurang dari 0,15 detik. Bantalan udara berfungsi untuk mencegah pergerakan ekstrem yang diderita leher saat terjadi benturan keras dari belakang. Kelihatannya memang seperti mainan ya Bro, tapi silakan dilihat sendiri video-videonya, di sana terlihat jelas betapa leher kita sangat lemah dalam menahan goncangan keras yang sebenarnya diterima langsung oleh motor. Mungkin hanya satu orang yang kuat hidup melalui crash test yang satu ini, siapa lagi kalau bukan si Leher Beton, Mike Tyson (kangen nih sama tinju ala Mike Tyson).
Peranti helm airbag terdiri dari 2 bagian, yakni airbag plus generator gas yang terdapat di helm dan kabel sensor yang bisa diinstalasi misalnya di bawah jok motor. Sensor bisa membedakan situasi kritis (mungkin maksudnya saat motor dipakai beraksi) dengan situasi kecelakaan. Hanya ketika terjadi benturan, sensor mengirim sinyal ke generator gas yang bertugas menggembungkan airbag.
Saat ini si helm penyelamat hanya tersedia dalam 2 pilihan warna. Soal ukuran, Polo menyediakan ukuran dari S-XL. Harga tentunya sesuai dengan kerja keras mereka mengembangkan helm safety ini. Buat bikers ingin yang lebih terjamin keselamatannya dengan menggebet doi, siap-siap ngebobol ATM sampai 899 Euro. Kalau sepanjang jalan ingin ngobrol dengan nebenger tanpa perlu teriak-teriak, tinggal tambah 170 Euro lagi untuk pemasangan sistem komunikasi dengan blue tooth. Siapa yang mau beli helm seharga Honda Blade?? Kemana-mana harus ditenteng, gaya sih, tapi cape kan.. Kalau ditinggal, wah cari penyakit namanya. Kalau sampai hilang, bisa nangis sambil garuk-garuk tanah Bro…
Setelah mengalami proses uji coba dan pengembangan yang memakan waktu bertahun-tahun, akhirnya helm dengan airbag pertama diluncurkan. Polo, firma yang mensuplai pernak-pernik motor dan bikers, dan APC Systems, firma asal Spanyol memperkenalkan helm ajaib ini di ajang Intermot. Sejak bulan Oktober tahun ini, si Helm airbag sudah dipasarkan di Jerman. Helm yang diriset hingga tepatnya 4 tahun ini dikembangkan dan diproduksi di Spanyol.
Pada musim gugur tahun 2007 dan awal tahun 2008, helm airbag ini diuji oleh DEKRA di Stuttgart. DEKRA adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang terpercaya mengadakan test-test pada produk-produk otomotif dan industri. Video-video crash test bisa Bro lihat di web site sang produsen: http://www.apcsystem.com/. (Bahasa Spanyol Bro…ane nyerah dah…)
Untuk bisa mengembang hingga sempurna, airbag hanya membutuhkan waktu tidak kurang dari 0,15 detik. Bantalan udara berfungsi untuk mencegah pergerakan ekstrem yang diderita leher saat terjadi benturan keras dari belakang. Kelihatannya memang seperti mainan ya Bro, tapi silakan dilihat sendiri video-videonya, di sana terlihat jelas betapa leher kita sangat lemah dalam menahan goncangan keras yang sebenarnya diterima langsung oleh motor. Mungkin hanya satu orang yang kuat hidup melalui crash test yang satu ini, siapa lagi kalau bukan si Leher Beton, Mike Tyson (kangen nih sama tinju ala Mike Tyson).
Peranti helm airbag terdiri dari 2 bagian, yakni airbag plus generator gas yang terdapat di helm dan kabel sensor yang bisa diinstalasi misalnya di bawah jok motor. Sensor bisa membedakan situasi kritis (mungkin maksudnya saat motor dipakai beraksi) dengan situasi kecelakaan. Hanya ketika terjadi benturan, sensor mengirim sinyal ke generator gas yang bertugas menggembungkan airbag.
Saat ini si helm penyelamat hanya tersedia dalam 2 pilihan warna. Soal ukuran, Polo menyediakan ukuran dari S-XL. Harga tentunya sesuai dengan kerja keras mereka mengembangkan helm safety ini. Buat bikers ingin yang lebih terjamin keselamatannya dengan menggebet doi, siap-siap ngebobol ATM sampai 899 Euro. Kalau sepanjang jalan ingin ngobrol dengan nebenger tanpa perlu teriak-teriak, tinggal tambah 170 Euro lagi untuk pemasangan sistem komunikasi dengan blue tooth. Siapa yang mau beli helm seharga Honda Blade?? Kemana-mana harus ditenteng, gaya sih, tapi cape kan.. Kalau ditinggal, wah cari penyakit namanya. Kalau sampai hilang, bisa nangis sambil garuk-garuk tanah Bro…
JAKET MOTOR GP
Serat Kevlar ampuh digunakan sebagai rompi yang menahan laju peluru. Tapi untuk pembalap itu masih jauh dari cukup karena mereka butuh bahan yang tahan gesek hingga 27 meter.
Kulit adalah materi yang paling ideal untuk dibuat menjadi baju balap MotoGP. Tak Cuma mampu meredam benturan, daya tahan kulit terhadap gesekan merupakan yang teratas dibanding bahan lain.
Dan yang umum dipakai oleh produsen baju balap adalah kulit kanguru. Kulit kanguru memiliki daya tahan lebih baik dibanding kulit sapi, namun jauh lebih fleksibel demi kenyamanan pembalap.
Baju pembalap berbahan kulit bisa tahan terhadap gesekan aspal sejauh lebih kurang 27 meter. Sementara Kevlar hanya tahan tak sampai tujuh meter. Jaket dengan bahan nilon yang banyak kita gunakan akan terkoyak bahkan sebelum gesekan mencapai jarak dua meter.
Daya tahan yang tinggi terhadap gesekan dimiliki kulit karena jaringannya lebih rapat plus serat yang saling menyatu dan terkait dengan yang lain. Kulit setebal 0,9 mm sudah cukup untuk menahan gesekan. Namun untuk ajang MotoGP, produsen baju balap membuat produknya dengan ketebalan hingga 1,4 mm.
Ketebalan seperti itu sudah cukup membebani pembalap. Baju balap bermerek Dainese yang dipakai Rossi memiliki bobot 3,5 kg sementara Alpinestar milik Dani Pedrosa lebih ringan dengan berat 3 kg.
Rabu, 20 Oktober 2010
JERMAN- Memanfaatkan gelaran Intermot Cologne Motorcycle Show 2010, Ducati meluncurkan edisi terbaru 1198.
Masih menggunakan sumber energi yang sama dengan Ducati 1198 generasi sebelumnya, pabrikan Italia itu kini menyematkan teknologi baru pada motor sport tersebut.
"Perusahaan menambahkan fitur Ducati Traction Control (DTC), Ducati Data Analyser (DDA) dan Ducati Quick Shift (DQS)," tulis Visordowm, Rabu (6/10/2010).
Ducati 1198 model 2011 ini akan masuk sebagai keluarga baru 1198 bersama dengan 1198 SP yang merupakan versi peningkatan dari tipe 1198 S.
Ducati 1198 SP telah menggunakan suspensi belakang Ohlins TTX, slipper clutch, dan tangki berbahan dasar aluminium.
Superbike 1198 dari Ducati ini, merupakan pengganti Superbike 1098 yang sempat memenangkan World Superbike Championship pada 2008 dan 2009.
Dengan menambah kapasitas silinder menjadi 1198 cc yang dilengkapi DTC, motor ini mampu menghasilkan power 170 hp di 9.750 rpm, dengan torsi sebesar 131,4 Nm pada 8.000 rpm. (uky)
Masih menggunakan sumber energi yang sama dengan Ducati 1198 generasi sebelumnya, pabrikan Italia itu kini menyematkan teknologi baru pada motor sport tersebut.
"Perusahaan menambahkan fitur Ducati Traction Control (DTC), Ducati Data Analyser (DDA) dan Ducati Quick Shift (DQS)," tulis Visordowm, Rabu (6/10/2010).
Ducati 1198 model 2011 ini akan masuk sebagai keluarga baru 1198 bersama dengan 1198 SP yang merupakan versi peningkatan dari tipe 1198 S.
Ducati 1198 SP telah menggunakan suspensi belakang Ohlins TTX, slipper clutch, dan tangki berbahan dasar aluminium.
Superbike 1198 dari Ducati ini, merupakan pengganti Superbike 1098 yang sempat memenangkan World Superbike Championship pada 2008 dan 2009.
Dengan menambah kapasitas silinder menjadi 1198 cc yang dilengkapi DTC, motor ini mampu menghasilkan power 170 hp di 9.750 rpm, dengan torsi sebesar 131,4 Nm pada 8.000 rpm. (uky)
PREDIKSI MOTOR GP 2011
Ditandatanganinya kontrak kesepakatan antara Casey Stoner dengan manajemen HRC beberapa saat lalu, setidaknya ini turut turut membuka bagaimana peta formasi pembalap untuk musim depan, walaupun masih samar-samar. Tapi tidak apa-apa, karena dengan itulah banyak rumor yang beredar tentang pembalap yang akan mengisi kursi-kursi kosong tersebut.
Nah, hal yang paling pertama yang perlu dicermati adalah peta formasi pembalap di tim pabrikan. Diantaranya adalah Ducati, Honda, Yamaha dan Suzuki. Terdapat beberapa pembalap yang dipastikan bakal hengkang, dan juga bakal diperpanjang kontraknya. Namun mari kita telisik sembari memprediksikan satu-persatu, kekuatan pembalap untuk musim depan.
Yamaha (Jorge Lorenzo dan Ben Spies) :
Tim yang terbilang sukses dua tahun terakhir hingga tahun 2009 itu, mampu kembali menunjukkan taringnya berkat kerjasama yang baik antara Yamaha dengan Valentino Rossi. Namun untuk tahun depan, rumor kepindahan Rossi ke Ducati, tentu menyisakan satu kursi kosong. Dan pembalap yang paling besar kansnya untuk mengisi posisi ini adalah Ben Spies.
Kendati Spies sendiri masih memiliki kontrak setahun lagi bersama tim Tech3, namun strategi Yamaha untuk menggaet pembalap asal Amerika itu, sudah bulat. Sementara Jorge Lorenzo akan diperpanjang kontraknya hingga tahun 2012 dengan pilihan bisa lebih panjang dari itu, jika ia berhasil meraih titel juara dunia musim ini.
Honda (Casey Stoner dan Dani Pedrosa) :
Satu-satunya pembalap tim pabrikan yang sudah fix diatas kertas memiliki tanda tangan kontrak adalah Casey Stoner. Mulai musim depan Stoner resmi akan memperkuat tim Honda dibawah naungan tim pabrikan Repsol Honda. Dan ini akan menjadi saat-saat yang paling baik, mengingat ia memiliki satu kebanggaan untuk kembali kepangkuan tim Honda.
Dani Pedrosa yang hingga saat ini belum juga menandatangani surat perjanjian kerjasama dengan HRC untuk musim depan, sepertinya terlihat lebih santai. Ia bahkan mengatakan bahwa dimanapun ia akan bernaung itu tidak akan jadi masalah. Namun ia tetap berharap agar bisa mencapai kesepakatan dengan manajemen Honda. Sehingga mulai musim depan Honda akan memiliki 2 dari 4 orang “Fantastic Four”.
Ducati (Velentino Rossi dan Nicky Hayden) :
Hingga saat ini tim Ducati juga belum mengumumkan siapa yang akan menjadi pembalapnya musim depan. Kendati rumor yang beredar dan sudah sangat kuat mengatakan bahwa Valentino Rossi telah menandatangani kerjasama dengan Ducati, namun hingga saat ini belum ada kesepakatan resmi mengenai hal itu. Yah mudah-mudahan seperti itu kenyataannya.
Tidak berbeda dengan Rossi, Hayden juga belum ada kesepakatan tertulis dengan pihak Ducati tentang perpanjangan kontraknya. Namun dengan diikutsertakannya Hayden dalam pengembangan motor untuk musim 2011 mendatang, ini menjadi pertanda bahwa Kentucky Kid itu akan memiliki kesempatan lagi di tim Ducati musim depan.
Suzuki (Alvaro Bautista dan Toni Elias) :
Tahun pertama Alvaro Bautista bersama tim Rizla Suzuki, penampilannya cukup bagus dan konsisten. Sayangnya motor Suzuki yang diakui sendiri oleh Loris Capirossi kurang bertenaga ternyata menjadi penyebab utama buruknya penampilan pembalap asal Spanyol ini. Ini terbukti saat ia mampu meraih hasil cukup bagus di GP Jerman. Tidak salah kiranya jika Suzuki mempertahankan Bautista.
Loris Capirossi yang kabarnya sudah mendekati kesepakatan di tim Pramac Ducati, tentunya bakal meninggalkan satu kursi kosong di tiim Suzuki. Dan pembalap yang digadang-gadang bakal direkrut oleh Suzuki adalah Toni Elias. Pengalaman yang matang, dan posisinya di klasemen puncak Moto2 saat ini, menjadi hal penting, yang harus diperhitungkan Suzuki.
Tinggal menunggu kesepakatan resmi dari mereka para pembalap ini. Dan ini akan terhitung sejak akhir pekan ini hingga dua bulan ke depan. So, jangan ketinggalan informasinya ya...!
Nah, hal yang paling pertama yang perlu dicermati adalah peta formasi pembalap di tim pabrikan. Diantaranya adalah Ducati, Honda, Yamaha dan Suzuki. Terdapat beberapa pembalap yang dipastikan bakal hengkang, dan juga bakal diperpanjang kontraknya. Namun mari kita telisik sembari memprediksikan satu-persatu, kekuatan pembalap untuk musim depan.
Yamaha (Jorge Lorenzo dan Ben Spies) :
Tim yang terbilang sukses dua tahun terakhir hingga tahun 2009 itu, mampu kembali menunjukkan taringnya berkat kerjasama yang baik antara Yamaha dengan Valentino Rossi. Namun untuk tahun depan, rumor kepindahan Rossi ke Ducati, tentu menyisakan satu kursi kosong. Dan pembalap yang paling besar kansnya untuk mengisi posisi ini adalah Ben Spies.
Kendati Spies sendiri masih memiliki kontrak setahun lagi bersama tim Tech3, namun strategi Yamaha untuk menggaet pembalap asal Amerika itu, sudah bulat. Sementara Jorge Lorenzo akan diperpanjang kontraknya hingga tahun 2012 dengan pilihan bisa lebih panjang dari itu, jika ia berhasil meraih titel juara dunia musim ini.
Honda (Casey Stoner dan Dani Pedrosa) :
Satu-satunya pembalap tim pabrikan yang sudah fix diatas kertas memiliki tanda tangan kontrak adalah Casey Stoner. Mulai musim depan Stoner resmi akan memperkuat tim Honda dibawah naungan tim pabrikan Repsol Honda. Dan ini akan menjadi saat-saat yang paling baik, mengingat ia memiliki satu kebanggaan untuk kembali kepangkuan tim Honda.
Dani Pedrosa yang hingga saat ini belum juga menandatangani surat perjanjian kerjasama dengan HRC untuk musim depan, sepertinya terlihat lebih santai. Ia bahkan mengatakan bahwa dimanapun ia akan bernaung itu tidak akan jadi masalah. Namun ia tetap berharap agar bisa mencapai kesepakatan dengan manajemen Honda. Sehingga mulai musim depan Honda akan memiliki 2 dari 4 orang “Fantastic Four”.
Ducati (Velentino Rossi dan Nicky Hayden) :
Hingga saat ini tim Ducati juga belum mengumumkan siapa yang akan menjadi pembalapnya musim depan. Kendati rumor yang beredar dan sudah sangat kuat mengatakan bahwa Valentino Rossi telah menandatangani kerjasama dengan Ducati, namun hingga saat ini belum ada kesepakatan resmi mengenai hal itu. Yah mudah-mudahan seperti itu kenyataannya.
Tidak berbeda dengan Rossi, Hayden juga belum ada kesepakatan tertulis dengan pihak Ducati tentang perpanjangan kontraknya. Namun dengan diikutsertakannya Hayden dalam pengembangan motor untuk musim 2011 mendatang, ini menjadi pertanda bahwa Kentucky Kid itu akan memiliki kesempatan lagi di tim Ducati musim depan.
Suzuki (Alvaro Bautista dan Toni Elias) :
Tahun pertama Alvaro Bautista bersama tim Rizla Suzuki, penampilannya cukup bagus dan konsisten. Sayangnya motor Suzuki yang diakui sendiri oleh Loris Capirossi kurang bertenaga ternyata menjadi penyebab utama buruknya penampilan pembalap asal Spanyol ini. Ini terbukti saat ia mampu meraih hasil cukup bagus di GP Jerman. Tidak salah kiranya jika Suzuki mempertahankan Bautista.
Loris Capirossi yang kabarnya sudah mendekati kesepakatan di tim Pramac Ducati, tentunya bakal meninggalkan satu kursi kosong di tiim Suzuki. Dan pembalap yang digadang-gadang bakal direkrut oleh Suzuki adalah Toni Elias. Pengalaman yang matang, dan posisinya di klasemen puncak Moto2 saat ini, menjadi hal penting, yang harus diperhitungkan Suzuki.
Tinggal menunggu kesepakatan resmi dari mereka para pembalap ini. Dan ini akan terhitung sejak akhir pekan ini hingga dua bulan ke depan. So, jangan ketinggalan informasinya ya...!
Senin, 27 September 2010
SPESIFIKASI MOTOR GP
Setiap peraturan mengenai tiap-tiap kelas balapan dibentuk oleh FIM sebagai organisasi yang berwenang melakukannya. FIM membentuk dan mengeluarkan peraturan-peraturan baru yang dipandang sesuai dengan perkembangan balapan. Pada permulaan era baru MotoGP di tahun 2002, motor bermesin 2 tak 500cc dan 4 tak 990cc dibolehkan untuk digunakan dalam balapan. Kedahsyatan tenaga dari motor bermesin 4 tak yang mengungguli motor bermesin 2 tak menyingkirkan seluruh mesin 2 tak dari persaingan, dan musim-musim balap selanjutnya tidak ada lagi motor 2 tak yang digunakan.
Pada tahun 2007, FIM akan memberlakukan peraturan baru bahwa motor-motor MotoGP akan dibatasi menjadi 4 tak 800cc. Alasan yang dikemukakan dari pengurangan kapasitas silinder mesin ini adalah untuk meningkatkan keamanan pembalap, mengingat tenaga dan kecepatan puncak yang dihasilkan mesin-mesin MotoGP telah meningkat secara drastis sejak 2002. Rekor kecepatan MotoGP saat ini adalah 347,4 km/jam yang dicetak oleh Loris Capirossi dengan motor Ducati di sirkuit Catalunya, Barcelona pada tahun 2004. Sebagai perbandingan rekor kecepatan F1 saat ini adalah 369,9 km/jam yang dicetak oleh Antonio Pizonia dengan mobil BMW, di sirkuit Monza di tahun 2004.
Keputusan pilihan untuk membatasi kapasitas mesin menjadi 800cc (daripada dengan metode pembatasan tenaga lain, seperti pengurangan jumlah gir transmisi yang diizinkan) menurut para pengamat MotoGP sangat menguntungkan Honda. Honda menggunakan mesin lima silinder, dan hanya perlu mengurangi satu silinder untuk membenahi mesin mereka agar sesuai regulasi yang baru, sementara pabrikan lainnya harus mendesain ulang seluruh mesin mereka. Pembatasan menjadi 800cc juga menimbulkan kontroversi bahwa sepertinya saat ini motor yang digunakan dalam kejuaraan Superbike 1000cc menjadi yang tercepat dalam balapan motor sirkuit di seluruh dunia.
Mesin yang digunakan dalam kelas 125cc dibatasi sebanyak satu silinder dan dengan berat minimal 80 kilogram, sementara untuk kelas 250cc dibatasi sebanyak dua silinder dengan berat minimal 100 kilogram.
Motor-motor untuk kelas MotoGP dibolehkan menggunakan mesin dengan jumlah silinder antara tiga sampai enam silinder, dan terdapat variasi dalam pembatasan berat tergantung jumlah silinder yang digunakan. Ini disebabkan sebuah mesin dengan silinder yang lebih banyak, tenaga yang dihasilkan juga lebih besar, dan batasan berat meningkat. Pada tahun 2006 mesin-mesin yang digunakan di MotoGP adalah mesin empat dan lima silinder. Honda menggunakan lima silinder, sementara Yamaha, Ducati, Kawasaki, dan Suzuki menggunakan empat silinder.
Motor-motor yang digunakan dalam Grandprix motor dibuat tidak hanya untuk balapan saja, tetapi juga sebagai ajang unjuk kekuatan dan kemajuan teknologi antar pabrikan. Sebagai hasilnya seluruh mesin-mesin MotoGP dibuat dengan menggunakan material yang sangat mahal dan ringan seperti titanium, dan carbon-fiber-reinforced plastic. Motor-motor tersebut juga menggunakan teknologi yang tidak tersedia untuk konsumsi umum, misalnya adalah perangkat elektronik yang canggih termasuk telemetri, engine management systems, kontrol traksi, rem cakram karbon, dan teknologi mesin modern yang diadopsi dari teknologi mesin mobil F1.
Jika motor-motor yang dipakai di kelas MotoGP hanya dilombakan di tingkat kejuaraan dunia, motor-motor yang digunakan di kelas 125cc dan 250cc relatif lebih terjangkau. Harga sebuah motor 125cc kurang lebih sama dengan sebuah mobil. Motor-motor ini sering digunakan dalam kejuaraan balap motor nasional di seluruh dunia.
Satu dari beberapa tantangan utama yang dihadapi para pembalap MotoGP dan Insinyur motor MotoGP adalah bagaimana untuk menyalurkan tenaga mesin yang luar biasa – lebih dari 240 dk (179 kW), melalui titik kontak dua buah ban dan permukaan aspal sirkuit dengan lebar hanya sekitar lengan manusia. Sebagai perbandingan mobil F1 menghasilkan lebih dari 950 dk (700 kW) tetapi dengan empat buah ban, sehingga memiliki titik kontak permukaan dengan aspal sepuluh kali lebih lebar dari motor MotoGP.
[sunting] Spesifikasi mesin
* Konfigurasi: 4-silinder v (Kelas MotoGP), 2-silinder (kelas 250 cc dan 125 cc).
* Kapasitas: 800 cc (Kelas MotoGP), 600 cc (kelas Moto 2), 125 cc (kelas 125 cc).
* Katup: 16-katup (MotoGP), 8-katup (250 cc, 125 cc).
* Kerja katup: DOHC, 4-katup per silinder (MotoGP), 2-katup per silinder (250 cc, 125 cc).
* Bahan bakar: Tanpa timbal (tidak ada bahan bakar kontrol), 100 oktan.
* Pasokan bahan bakar: Injeksi bahan bakar.
* Aspirasi: Aspirasi normal.
* Kekuatan: Kira - kira 250 atau 225 dk.
* Pelumasan: Basah.
* Maksimum/minimum putaran mesin: 17500 - 18000 Rotasi per menit.
* Pendingin: Pompa air tunggal.